10 Fakta Luar Biasa Manfaat dan Nilai Ekonomi Nanas

Nanas atau Nenas nama latinya adalah Ananas comosus . Produksi nanas terbesar masih di Lampung. Di Jawa Barat masih Subang sebagai sentra nanas.

Buah nanas mempunyai banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh kita. Kenapa nanas dikatanan luar biasa manfaatnya untuk kesehatan tubuh? Berikut fakta tentang nanas;


Fakta Pertama , Nanas adalah buah tropis dengan daging buah berwarna kuning memiliki kandungan air 90% dan kaya akan Kalium, Kalsium, lodium, Sulfur, dan Khlor. Selain itu juga kaya Asam, Biotin, Vitamin B12, Vitamin E Vitamin C, serta Enzim Bromelain.

Fakta Kedua, Posman Sibuea, Lektor Kepala Jurusan THP Unika Santo Thomas SU Medan menyatakan buah nanas mengandung vitamin C dan vitamin A (Retinol) masing-masing sebesar 24,0 miligram dan 39 miligram dalam setiap 100 gram bahan. Kedua vitamin sudah lama dikenal memiliki aktivitas sebagai antioksidan yang mampu menghentikan reaksi berantai pembentukan radikal bebas dalam tubuh yang diyakini sebagai dalang atau provokator berbagai penyakit.

Fakta Ketiga, Hasil penelitian ilmiah menunjukkan kandungan senyawa fenolik antara lain Myricetin, Quercitin, Tyramine, dan Ferulic Acid pada buah nanas mampu meredam reaksi berantai radikal bebas dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat menekan terjadinya penyakit kanker. Berbagai antioksidan alami ini diyakini amat ampuh menghentikan radikal bebas.

Fakta Keempat, Bromelin yang secara alami ada dalam buah nanas juga diyakini dapat mempercepat penyembuhan luka operasi serta pembengkakan dan nyeri sendi. Bagi penderita wasir atau ambeien dianjurkan mengonsumsi buah nanas 4-5 kali setiap hari karena Bromelin dapat menghentikan pendarahan dan serat yang dikandung dapat memperlancar buang air besar.

Fakta Kelima, Lebih luar biasa lagi, menurut Wen dan Wrolstad dari Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Oregon State University (2002) melaporkan sari buah nanas memiliki kandungan Serotonin sekitar 1,7-3,15 miligram/100 gram. Serotonin ini selain berperan mencegah kanker juga dapat menghalau stres. Dengan mengonsumsi buah nanas 200 gram setiap hari secara teratur selama beberapa minggu, sehingga tubuh memperoleh manfaat ganda.

Sumber : http://pustaka.litbang.pertanian.go.id/inovasi/kl08083.pdf

Fakta Keenam, Nanas diduga kuat bisa menyebabkan keguguran pada janin yang masih muda terutama pada masa kehamilan dibawah 3 bulan. Nanas mengandung bromelain yang dapat melemahkan serviks atau leher rahim sehingga dikhawatirkan apabila dikonsumsi pada jumlah yang berlebihan, kandungan ini akan menggangu kehamilan anda. Beberapa orang memilih untuk tidak mengkonsumsi nanas. http://bidanku.com/bolehkah-ibu-hamil-mengkonsumsi-nanas

Fakta Ketujuh, "Banyak yang mengatakan jika sedang keputihan hindari makanan yang dapat merangsang lendir seperti nanas, ketimun, telur dan udang. Tapi ini tidak pernah terbukti secara ilmiah," jelas dr Susie Rendra, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin Rumah Sakit Puri Indah, pada konsultasi kesehatan detikHealth.

Menurut dr Susie, penyebab keputihan bisa bermacam-macam. Penyebab keputihan pada seorang perempuan yang pernah melakukan hubungan seksual biasanya berbeda dengan penyebab keputihan pada seorang perawan. Dilansir Babycenter, Kamis (13/1/2011), mitos tersebut banyak dipercaya diduga karena sifat nanas yang bisa merangsang kontraksi rahim dan juga karena kandungan air dalam buah yang tinggi.

https://health.detik.com/read/2011/01/13/163206/1545945/766/benarkah-nanas-bikin-organ-intim-perempuan-tak-nyaman

Fakta Kedelapan, Surabaya (ANTARA News) - Mahasiswa S2 Jurusan Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya) Vendra Setiawan S.Farm M.Farm Apt memanfaatkan serbuk batang nanas menjadi suplemen makanan yang menurunkan kolesterol serta meningkatkan insulin.

"Saya memanfaatkan batang nanas yang mengandung xylan yang dicampur dengan enzim Xylnase melalui bakteri Bacillus Licheniforms yang mengubah Xylan menjadi Xylo-Oligosaccharide dalam bentuk serbuk untuk meningkatkan sistem imun tubuh,"

http://www.antaranews.com/berita/553899/penelitian-serbuk-batang-nanas-turunkan-kolesterol

Fakta Kesembilan, Nanas bisa dibuat berbagai macam makanan olahan diantaranya; syrup atau saribuah nanas, dodol nanas, selai nanas, rujak nanas, dan setup nanas.

Fakta Kesepuluh, Semakin tahun permintaan nanas baik konsumsi perkapita maupun industri makanan dan minuman membuat kebutuhan nanas segar semakin meningkat. Dari data prediksi kebutuhan nanas mulai tahun 2015-2019 peluang usaha budidaya nanas semakin meningkat, bahkan diperkirakan akan mengalami kekurangan pasokan di tahun 2019.



Kekurangan produksi nanas segar hingga deficit yang mencapai 58,079 ton pertahun adalah sebuah peluang besar bagi agrobisnis budidaya nanas.

https://nanas-buah.blogspot.co.id/2017/03/prospek-usaha-budidaya-nanas.html



Setelah melihat 10 fakta yang luar biasa dari nanas, peluang nanas menjadi produk unggulan export masih sangat terbuka lebar. Prospek bisnis baik budidaya, maupun produk olahan nanas seperti dodol, sirup serta selai nanas juga menjanjikan keuntungan yang tinggi. Masih ragu makan buah nanas? Ayo makan nanas biar badan sehat dan usaha pertanian rakyat kita makin maju. Tapi ingat loh, cinta produk dalam negeri makan nanas lokal saja seperti nanas Bogor, nanas Subang, atau nanas Madu Pemalang. Memang ada sih produk impor nanas Thailand tapi nanas lokal juga gak kalah manis kok.





0 Response to "10 Fakta Luar Biasa Manfaat dan Nilai Ekonomi Nanas"

Posting Komentar

Ads