Prospek Usaha Budidaya Nanas

Permintaan diperoleh dari konsumsi langsung rumah tangga yang bersumber dari Susenas dikalikan dengan jumlah penduduk. Selain itu juga perlu diperhitungkan permintaan untuk bahan baku industri makanan berbahan baku nenas, seperti industri selai, sirup, dodol, dan keripik. Proyeksi bahan baku industri makanan diperoleh dari perhitungan dalam Neraca Bahan Makanan.

Semakin tahun permintaan nanas baik konsumsi perkapita maupun industri makanan dan minuman membuat kebutuhan nanas segar semakin meningkat. Dari data prediksi kebutuhan nanas mulai tahun 2015-2019 peluang usaha budidaya nanas semakin meningkat, bahkan diperkirakan akan mengalami kekurangan pasokan di tahun 2019.

Kekurangan produksi nanas segar hingga deficit yang mencapai 58,079 ton pertahun adalah sebuah peluang besar bagi agrobisnis budidaya nanas.





Berikut adalah table proyeksi surplus / deficit produksi nanas Indonesia 2015-2019.


Defisit atau kekurangan pasokan nanas segar pada tahun 2017-2019 merupakan peluang besar bagi para petani atau kelompok tani untuk mengembangkan budidaya nanas. 

Peran pemerintah dan para peneliti pertanian sangat dibutuhkan untuk masalah ini. Dengan teknologi pembibitan, penanaman, dan pemanenan yang tepat sehingga menghasilkan nanas yang berkualitas dan siap bersaing baik pasar lokal maupun expor adalah kunci untuk menjadikan nanas Indonesia bersaing di dunia dan di  negeri sendiri. 

0 Response to "Prospek Usaha Budidaya Nanas "

Posting Komentar

Ads