Jenis - Jenis Buah Nanas

Untuk membedakan nanas dilihat dari bentuk daun dan buah dikenal 4 jenis nanas, di antaranya ;

1. Cayenne

Cayenne


Cirinya adalah daunya halus, tidak berduri, buahnya cukup besar. . Khusus untuk nanas Cayenne yang ditanam di daerah Subang, buahnya lebih manis daripada nanas Queen. Varietas Cayenne dikenal di beberapa daerah di Indonesia dengan nama berbeda. Seperti Cayennelis (Palembang dan Salatiga). Suka Menanti (Bukit Tinggi), Serawak (Tanjung Pinang dan Pacitan), Bogor (Pontianak, Probolinggo, dan Purbalingga), dan Paung (Palangkaraya). Namun hanya di Subang pertumbuhan Cayenne amat baik sehingga sebutan nanas Subang seolah identik dengan nanas Cayenne.



2. Queen



Cirinya adalah daunya pendek, berduri tajam, buah berbentuk lonjong. Nanas Queen banyak ditanam di kawasan Bogor dan Palembang. Nanas Queen memiliki rasa yang lebih manis daripada nanas Cayenne dan memiliki daun yang berduri. Varietas Queen yang paling dikenal ialah nanas dari Bogor (gati, kapas, dan kiara), nanas Palembang, serta batu dari Kediri. Daerah lain yang dijumpai varietas ini adalah : Pontianak (nanas cina), Palangkaraya (nanas betawi), Purwokerto (nanas batu), Kediri (nanas bali/jawa), Jember (monserat dan bali), Bondowoso (kidang dan uling), Sumenep (durian), dan Salatiga (nanas bogor).



3. Spanyol atau Spanish

Cirinya adalah daunya panjang kecil, berduri halus sampai kasar, buah bulat dengan mata datar. Dari varietas ini yang banyak dikenal ialah nanas merah dan hijau (Bondowoso), rakyat merah dan rakyat hijau (Purwokerto). Nanas ini pun ditemui di Bukit Tinggi (yang disebut gadut), Bali (madu dan kebo), Pontianak (towon, biasa, barak, tembaga, dan emas), Palangkaraya (bubur), Sukamere (kampung), Bangkalan (maduh, ragunan, kerbau), Kediri (jawa) Bondowoso (kuning), Sumenep (lomot), Kendal (sukun dan kaliwungu).



4. Abacaxi

Cirinya adalah daun panjang berduri kasar, buah berbentuk silindris, atau seperti piramida.



Jenis nanas yang banyak ditanam di Indonesia adalah golongan Cayenne dan Queen, sementara itu, golongan Spanish dikembangkan di kepulauan India Barat, Puerto Rico, Mexico, dan Malaysia. Terdapat dua varietas yang sudah lama dikembangkan di Indonesia yaitu nanas Queen dan nanas SmoothCayenne (Sobir, 2009).

http://www.jitunews.com/read/11897/ini-dia-3-jenis-nanas-unggulan-indonesia

http://darsatop.lecture.ub.ac.id/2015/05/jenis-jenis-nanas/





2 Responses to "Jenis - Jenis Buah Nanas"

  1. Siap order nanas biasa partai besar hub 085642032121

    BalasHapus
    Balasan
    1. What varians of pineapple do you have and what capacity you can give per week waht about the price per kg ?

      Hapus

Ads