Desa Sugih Waras sekarang Menjadi Sugih Dengan Nanas


Kabupaten Kediri sekarang mengembangkan potensi agrobisnis berupa Nanas. Nanas type smooth Cayenne menjadi primadona hasil bumi. Masyarakat desa Sugih waras banyak mendapatkan peningkatan ekonomi walaupun hanya sebagai buruh sebagianya. Sebagian yang menjadi pemodal juga mendapatkan keuntungan yang lumayan besar dari budidaya nanas. Pak Kadirin bisa meraup upah sebesar 60 ribu setiap 1000 bibit buah nanas. Sebagai buruh tanam Pak Kadirin merasa sangat terbantu dengan pengembangan budidaya nanas di desanya.





Kepala Desa Sugihwaras Sukemi, Rabu (13/4) kepada Tim Kominfo mengatakan roda perkonomian masayarakat dengan bertanam buah nanas bisa sangat meningkat. Saat panen tiba satu Hektar tanaman buah nanas bisa laku mencapai ± 100 juta Rupiah. Nanas unggulan dari desa Sugihwaras adalah nanas lokal dan Smooth Cayenne yang kualitasnya sangat bagus.

Menanggapi akan digelarnya Bursa Buah Lokal Kabupaten Kediri pada tanggal 7-8 Mei 2016, Kepala Desa 42 tahun ini sangat setuju, karena dapat mengangkat perekonomian warga sekitar. Dengan adanya bursa buah lokal Kabupaten Kediri 2016 transaksi jual beli bisa langsung terjadi tanpa ada perantara tengkulak dahulu, jadi harganya pun bisa lebih meningkat. Selain itu desa sugihwaras bisa menjadi lebih dikenal sebagai Desa Sentra Buah Nanas Kabupaten Kediri, terang Sukemi.(Kominfo).



0 Response to "Desa Sugih Waras sekarang Menjadi Sugih Dengan Nanas"

Posting Komentar

Ads