Menjadikan Nanas Sebagai Komoditi Unggulan Export Pertanian

Potensi yang besar di Indonesia untuk menjadikan nanas sebagai komoditi unggulan untuk expor hasil pertanian. Luas lahan serta sumber daya manusia bisa menjadi modal dasar untuk mencapai itu. Sementara kebutuhan nanas dunia yang terus meningkat setiap tahunya jika tidak di imbangi dengan kualitas dan kuantitas produksi akan membuat Indonesia kalah bersaing dengan negara pengexpor dari ASEAN.

Berikut beberapa alasan kenapa Nanas bisa menjadi komoditi unggulan export hasil pertanian.

1. Faktor sumber daya alam dan SDM. Komoditi nenas Indonesia dapat menjadi salah satu komoditi unggulan Indonesia. Faktor sumberdaya alam, sumberdaya manusia dan kondisi geografis yang mendukung pertanaman nenas dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi nenas nasional.

2. Teknologi tepat guna.  Indonesia juga memiliki kekurangan pada kualitas tenaga kerja, terutama dalam pemanfaatan teknologi dan penggunaan bibit unggul yang belum maksimal.

3. Industri pengolahan Nanas Komoditi nenas juga memiliki kelemahan dari sisi industri, yaitu belum majunya industri olahan nenas yang mengakibatkan nilai tambah yang diperoleh petani tidak maksimal.


4. Kualitas Nanas Indonesia masih dibawah standard. Dari sisi perdagangan internasional, komoditi nenas Indonesia masih belum memiliki keunggulan komparatif. Oleh karena itu Indonesia perlu meningkatkan volume ekspor nenas dengan cara meningkatkan produksi nenas nasional sehingga harga nenas Indonesia dapat bersaing dengan nenas dari negara lain.

5. Peran Instansi Pemerintah dan Penyuluhan. Untuk memperbaiki kondisi nenas dan petani Untuk memperbaiki kondisi nenas dan petani nenas, diperlukan campur tangan Pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk memberikan
bimbingan kepada petani tentang budidaya dan pengolahan nenas serta
memperbanyak penelitian terkait teknik pengolahan nenas.

Sumber http://epublikasi.setjen.pertanian.go.id/epublikasi/outlook/2015/Hortikultura/Outlook%20Nenas%202015/files/assets/common/downloads/Outlook%20Nenas%202015.pdf

0 Response to "Menjadikan Nanas Sebagai Komoditi Unggulan Export Pertanian"

Posting Komentar

Ads